Aksi Dakwah : Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Aksi Dakwah : Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Tim fardu qifayah (Bina Rohani) RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya gelar pelatihan penyelenggaraan jenazah (tajhiz al-mayyit) di masjid As- Salam, Jalan Danau Rangas, PonPes Hidayatullah Palangka Raya (Tjilik Riwut KM. 6,5) Jumat (11/10/2024). Peserta pelatihan ini diikuti oleh Pengurus Wilayah Muslimat Hidayatullah Kalimantan Tengah dan para ibu – ibu jamaah masjid yang jumlahnya kurang lebih 30 orang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan kader praktisi penyelenggara jenazah yang sudah terampil dan siap kapan saja. Selama ini menurut masyarakat kota Palangka Raya (Kalteng) khususnya di sekitaran masjid Hidayatullah, sangat susah mendapatkan orang yang mau mengurus jenazah (khususnya perempuan) sehingga terpaksa memanggil penyelenggara jenazah dari luar.

Saat tim fardu qifayah bertanya kepada jamaah yang hadir “Siapa sering memandikan jenazah?”, mereka serempak menjawab tidak ada, “Lantas siapa yang mengurus jenazah jika ada yang meninggal?” “Memanggil bantuan dari luar Bu”, timpal mereka.
Tim fardu qifayah (Bina Rohani) yang hadir pada kegiatan ini terdiri dari 3 (tiga) orang diantaranya Siti Alimah selaku Kepala Instalasi Jenazah, Aslamiyah selaku ketua tim fardu qifayah khusus perempuan, Nurfijah selaku tim pemasaran RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya.

Siti Alimah menyampaikan Pelatihan Fardhu Kifayah adalah kegiatan yang memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat tentang bagaimana mengurus jenazah sesuai syariat Islam dan kesehatan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petugas Fardhu Kifayah dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan orang yang mampu mengurus jenazah. “Motivasi dan pentingnya mengetahui tatacara penyelenggaraan jenazah” ujarnya.

Keseriusan dan antusiasme jamaah mengikuti pelatihan ini tampak dari banyaknya yang bertanya baik saat materi berlangsung, maupun saat praktik dan bahkan setelah pelatihan ditutup, masih berlanjut dengan dialog lepas. Diantara hal yang ditanyakan oleh jamaah adalah tentang boleh tidaknya orang haid memandikan mayat dan apa saja yang dibaca saat memandikan jenazah. Ada juga yang mempertanyakan hukum membuka tali pengikat jenazah dan bacaan saat jenazah dimasukkan ke liang lahad.

Karena waktu sudah lewat, maka pertanyaan belum sempat terjawab semua dan sepakat Kamis depan akan dilanjutkan kembali tanya jawab seputar penyelenggaraan jenazah serta pendalaman praktik penyelenggaraan jenazah khususnya memandikan dan mengafani jenazah.

Aslamiyah, menekankan bahwa dalam pengurusan jenazah diperlukan tidak hanya kemauan dan kesungguhan, tetapi juga pengetahuan dan tata cara pemulasaran jenazah secara Islami. Mulai dari persiapan sarana prasarana, prosesi pemandian, pengkafanan, hingga shalat jenazah dan pemakaman.
“Ada empat kewajiban yang dilakukan oleh umat Muslim terkait jenazah, yakni memandikan jenazah, mengafani jenazah, menyalatkan jenazah, dan menguburkan jenazah,” ujarnya. (MF/Sam)

0 Komentar

Blog
Loker 669/IV/2024

Loker 669/IV/2024


Lowongan Pekerjaan: Dokter Spesialis Periodonsia, Dokter Spesialis Konservasi Gigi Membuka Formasi Pendaftaran Dokter Spesialis Diterbitkan: 19 April 2024 ...
Bimbingan SIRSMA di RSI Palangka Raya

Bimbingan SIRSMA di RSI Palangka Raya


Rumah Sakit Muhammadiyah-'Aisyiyah (RSMA) adalah salah satu Amal Usaha Muhammdiyah (AUM) yang memiliki posisi strategis untuk mewujudkan cita-cita Muhammadiyah dalam ...
Terbarkan Salam

Terbarkan Salam


Salah satu adab seorang Muslim yang mulia adalah menyebarkan salam. Dengan menyebarkan salam maka persaudaraan akan semakin dekat, dan akan ...
Loker 670/IV/2024

Loker 670/IV/2024


Lowongan Pekerjaan: Security Pendidikan minimal Lulus SMA/Sederajat Usia maksimal 35 Tahun Bersedia menjadi Tenaga Kontrak Surat Lamaran Pas photo berwarna ...

Jam Kunjungan Pasien
Pukul 10.00 – 13.00 WIB
Pukul 17.00 – 21.00 WIB

Alamat

Jl. RTA. Milono Km. 2,5, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya

Kontak Kami

Website : http://web.rsipalangkaraya.co.id
EMail : rsipalangkaraya@yahoo.co.id
IG : @rsipkumuhammadiyahpky
Facebook : PKUMuhammadiyahKalteng
Telp. Pendaftaran : (0536) 3244801
Telp. Bag. Keuangan : (0536) 3244802
Telp. Bag. Umum : (0536) 3244803
HP/WhatsApp Pendaftaran : 0811 5209 110
HP/WhatsApp IGD : 0851 0029 2990
HP/WhatsApp Humas : 0811 5231 717

Melayani dengan Berbekal Ilmu dan Hati, Menuju Ridho Ilahi

LARSI/SERTIFIKAT/127/03/2023