Tingkatkan Mutu Layanan, RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya lakukan Inhouse Training – Service Excellent
Rumah sakit merupakan salah satu tempat layanan publik, salah satunya RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya yang berada di kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya mengadakan Inhouse Training – Service Excellent dengan konsep Prima dan Islami, yang berlangsung selama 6 (enam) hari, bertempat di Aula lantai III Rumah Sakit, pada tanggal 18 – 23 September 2023.
Pelatihan tersebut langsung diisi oleh ketua BPH (Badan Pelaksana Harian) RS (dr. Dini Mirsanti, Sp.KJ.) dan ketua Komite Etik dan Hukum RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya (DR. Hj. Sanawiyah, S.Ag., MH) selaku pemateri, dengan total keseluruhan peserta 250 orang.
Selama pelatihan tersebut, banyak ilmu dan pengetahuan yang didapat, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan keluarga pasien.
dr. Dini Mirsanti, Sp.Kj. “…berikanlah senyuman yang tulus, kepada siapa saja yang datang ke rumah sakit, khususnya untuk berobat. Senyuman itu adalah awal dari pelayanan yang prima, bahkan dengan senyum kita juga mendapatkan pahala dari Allah SWT, apalagi ditambah dengan aktivitas kita merawat mereka untuk berobat, maka yang kita dapatkan bukan saja dunia tapi akhirat juga (double)” , ucapnya.
Hal tesebut juga senada apa yang disampaikan oleh DR. Hj. Sanawiyah, S.Ag.,MH. “…komunikasi adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun tulisan. Namun, tidak semua orang mampu melakukan komunikasi dengan baik. Sehingga dengan komunikasi yang kurang baik, akan menimbulkan komplain khususnya dari para pelanggan RS” , ucapnya.
dr. Lia Indriana selaku direktur RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya berharap betul selama kegiatan yang sudah diikuti ini selama 6 (enam) hari dapat kita aplikasikan kepada pelayanan kita di rumah sakit ini, “…walaupun kita sudah melaksanakan standar akreditasi LARSI dan alhamdulliah hasilnya paripurna, akan tetapi kita juga harus tetap melakukan service excellent guna menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat” , ucapnya .
(M. Fitriani/Sam)